Minggu, 06 November 2011

MOJOK DI BUMI SEHAT

Pagi ini aku kembali mengunjungi Bumi Sehat dengan tujuan untuk akupunktur. Setelah tiba di sana aku mendapat informasi bahwa dokter akupunkturnya tidak ada di tempat karena sedang memperpanjang visa, dan aku disarankan menelepon dulu sebelum datang lagi lain waktu. Karena ojek yang mengantarku sudah pergi, dan karena aku sedang memiliki banyak waktu maka aku memutuskan untuk duduk di sudut sambil mengamati kesibukan orang-orang di Bumi Sehat. 


Aku memilih sebuah kursi rotan di depan kamar bersalin. Sambil duduk aku teringat salah satu tulisan Ibu Robin Lim di blognya : "Maybe I am overloaded with oxytocin the hormone of LOVE that drives birth.... " dan aku penasaran untuk membuktikan apakah memang hormon oksitoksin alias hormon cinta itu berlimpah di tempat itu.




Suasana Periksa Kehamilan
Dari tempat dudukku beberapa kali aku disapa oleh para bidan yang menanyakan apakah aku mau periksa kehamilan, apakah vitaminku sudah habis. Perhatian mereka kepada ibu hamil besar sekali. Dari ruangan di belakangku aku mendengar seorang ibu yang sedang melahirkan. Dia mengeluarkan suara-suara seperti desahan dan mengaduh lirih. Lalu seorang bidan berkata,"Tarik napas..... Bisa, Ibu pasti bisa." Lalu seorang bidan memanggil keluarga dari ibu yang sedang melahirkan itu untuk masuk  mendampingi. Beberapa saat kemudian aku mencium wangi dupa. Rupanya mereka sedang mendukung sang ibu dalam doa. 


Sepedanya Ibu Robin
Dari arah pintu masuk aku melihat sebuah sepeda yang dikendarai seorang perempuan setengah baya masuk ke halaman. Itu Ibu Robin yang baru datang. Setelah meletakkan sepedanya dekat sebuah pohon, Ibu Robin bergegas menuju wastafel, mencuci tangan, dan masuk ke kamar bersalin. Beberapa saat kemudian Ibu Robin keluar dan ketika melihatku beliau berkata, "Hi, Darling, when will your baby come out..... I saw you in facebook today." Sapaannya menghangatkan hatiku di pagi yang mendung ini.


Aku mojok di sana kurang lebih 1 jam. Selama 1 jam itu aku merasakan anakku bergerak-gerak. Mungkin karena dia mendengar suara tangis bayi. Aku merasa dia senang karena selama duduk di situ pantatku tidak sakit seperti bila aku duduk di depan laptop lebih dari 30 menit. 


Setelah merasa cukup acara mojokku pagi ini, aku meng-SMS ojek langganan untuk menjemputku. Sementara menunggu jemputan seorang bidan yang lewat di depanku kembali bertanya,"Ibu mau periksa kehamilan?" Hahahaha..... rupanya bidan-bidan di Bumi Sehat sangat menyayangi para ibu hamil.


Jika aku mengatakan bahwa udara di Bumi Sehat berlimpah hormon cinta itu tidak berlebihan. Aku bisa merasakannya. Tidak percaya? Mari berkunjung ke Bumi Sehat di Ubud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar