Rabu, 11 Januari 2012

MEMBACA BUKU TENTANG POSTPARTUM

Ibu Robin Lim bukan sekedar bidan tetapi juga seorang penulis. Aku sudah membaca dua buku tulisan beliau yaitu Placenta The Forgotten Chakra (Tentang plasenta) dan Eating For Two (Panduan nutrisi dan resep-resep untuk ibu hamil dan menyusui). Saat ini aku baru saja menyelesaikan buku beliau yang berjudul After The Baby's Birth... A Woman's Way To Wellness - A Complete Guide for Postpartum Women. Buku dengan 372 halaman ini aku baca dalam waktu hampir 10 hari. Yang bisa aku katakan tentang isinya adalah..... luar biasa. Walaupun selama hamil selera membacaku menurun drastis tetapi buku Ibu Robin tentang postpartum ini mampu membuatku bernafsu melahap isinya sampai tertidur. 


Buku-buku karya Ibu Robin Lim




Sepanjang ingatanku sudah banyak buku tentang merawat kehamilan dalam bahasa Indonesia. Begitu pula buku-buku panduan mengasuh bayi baru lahir. Tetapi aku hampir tidak pernah menemukan buku tentang postpartum. Kalaupun ada buku tersebut lebih sering ditujukan untuk tenaga kesehatan daripada untuk awam. Buku After The Baby's Birth... A Woman's Way To Wellness adalah pengecualiannya. Walaupun ditulis dalam bahasa Inggris, buku ini ditujukan untuk para ibu sendiri - perempuan-perempuan yang akan dan sudah melahirkan. Secara gamblang Ibu Robin menjelaskan tentang apa saja yang sedang dan bisa terjadi selama masa postpartum, baik secara fisik maupun emosi, dan cara mengatasinya. 


Aku selalu tertarik pada herbal dan buku ini juga berisi informasi tentang herbal yang bisa digunakan selama masa postpartum. Seandainya aku membaca buku ini di Manokwari, aku akan merasa frustrasi karena herbal-herbal yang disebutkan tidak tersedia dengan mudah. Beruntung sekali aku sekarang di Ubud, pusat herbal pulau Bali. Semua herbal yang tertulis di buku ini bisa aku dapatkan dengan mudah. Tidak lupa Ibu Robin  menyelipkan resep Maui's Midwives' Postpartum Brew yang jika diikuti secara benar maka ibu akan mengalami masa nifas hanya 1 minggu, penyembuhan lebih cepat, proses menyusui yang lebih lancar, dan perasaan sehat secara keseluruhan. Untuk saat ini aku sudah mulai mengkonsumsi Red Raspberry Tea (dalam bahasa Bali disebut Gung-gung) yang sudah lama dikenal bagus untuk wanita terutama ibu hamil di bulan-bulan terakhir. 


Di chapter 17, Ibu Robin memasukkan cukup banyak pengalaman postpartum dari berbagai ibu. Mereka membagikan kesulitan dan kebahagian yang dirasakan selama masa postpartum dengan terbuka. Cerita mereka membuatku terharu dan juga terinspirasi karena mereka semua perempuan yang kuat.


After The Baby's Birth... A Woman's Way To Wellness menyodorkan sebuah kesimpulan di kepalaku yaitu untuk menjadi sehat, seorang bayi/anak membutuhkan ibu yang mengerti bagaimana menjaga kesehatan (wellness) dirinya sendiri. Aku yakin pesan inilah yang ingin disampaikan Ibu Robin kepada para perempuan. Seperti beliau sendiri yang sampai usia 55 tahun ini, sudah melahirkan 5 anak, membesarkan 8 anak, serta membantu kelahiran ribuan bayi, masih terlihat sehat, enerjik, ceria dan penuh cinta. 


Semua buku Ibu Robin Lim bisa dipesan langsung di Bumi Sehat, Ubud, Bali.


"You were pregnant for nine months; you are postpartum for the rest of your life." -- Robin Lim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar