Rabu, 08 Februari 2012

'BAG OF TRICKS' - NYA BIDAN ROBIN LIM

Sehari setelah melahirkan Louis, ASI-ku belum lancar. Sebenarnya kondisi ini wajar. ASI akan lancar setelah 3 hari asalkan disusukan terus. Tetapi tangisan Louis yang mirip anak kelaparan membuat aku dan suamiku kuatir. Sampai-sampai suamiku menyarankan agar meminta teman sekamarku yang ASI-nya sudah lancar untuk menyusui Louis. Mula-mula aku enggan tapi akhirnya aku menyerah juga mendengar tangisan Louis. 


Dua malam aku tidak bisa tidur karena berusaha menenangkan Louis. Bidan-bidan di Bumi Sehat sudah diinstruksikan oleh Bidan Robin untuk mengompres payudaraku dengan parutan jahe. Tapi belum berhasil. Sampai pada malam ketiga suamiku sudah mau ke supermarket membeli susu formula dan aku menelepon Bidan Robin. "I'm coming, Tjandra," kata-kata ini seperti air sejuk bagiku. Bidan Robin datang dan segera menenangkan Louis. Louis pun tenang dalam gendongannya. Aneh sekali. Bidan Robin berkata bahwa yang membuat Louis tidak nyaman adalah ketidaknyamanan yang aku rasakan. Aku sebagai ibunya harus merasa nyaman. Aku segera ke kamar mandi dan mencuci muka. Ketika hendak menyisir rambut, Bidan Robin berkata bahwa aku tidak perlu berusaha terlihat cantik di depan anakku karena baginya aku sudah cantik, aku hanya perlu tenang dan nyaman. Lalu Bidan Robin memintaku berbaring dan Louis diletakkan di sampingku untuk menyusu. 


Tiba-tiba Bidan Robin seperti teringat sesuatu. Untuk malam itu Bidan Robin meminta suamiku membeli sekaleng bir hitam. Katanya bir bisa memperbanyak ASI dan membuatku lebih tenang. Suamiku segera mencari bir. Meskipun dia melarangku menghabiskan semuanya tapi setengah kaleng bir hitam cukup membuatku bisa tidur malam itu. Trik ini memang bukan trik sehat hanya saja tepat untuk aku pada saat itu.


Hari berikutnya Bidan Robin sendiri mengompres payudaraku dengan parutan jahe yang ternyata harus diberi air hangat lalu dengan menggunakan handuk baru dikompreskan. Dan ini bisa digunakan juga pada saat ibu menyusui mengalami panas dingin karena payudara penuh. Bidan Robin memberiku pelajaran menyusui selama kurang lebih 2 jam dan sejak saat itu Louis bisa menikmati ASI-ku dengan tenang.


Itulah 2 trik dari begitu banyak trik yang dimiliki Bidan Robin Lim dalam menolong ibu dan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar